Sunday, June 7, 2015

Database Penyewaan Alat Berat (Caterpillar)

Untuk menambah kemampuan kita dalam merancang relational database, pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh database yang lebih kompleks dibandingkan dengan database yang telah saya buat sebelumnya. Database ini juga dibuat untuk memeberi gambaran tentang apa itu Customer Relationship Management (CRM) yang merupakan salah satu aspek penting bagi suatu perusahaan untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan. Database yang saya buat kali ini adalah database penyewaan alat berat (Caterpillar).
Database ini teridiri dari enam buah tabel, diantaranya tabel data diri pelanggan, tabel jenis alat berat, tabel ketersediaan alat berat, tabel pemesanan alat berat, tabel detail transaksi, dan pengembalian alat berat.
Untuk tabel data diri pelanggan berisi tentang nama perusahaan penyewa alat berat, alamat mereka, dan contact person dari masing-masing perusahaan. Untuk tabel jenis alat berat berisi mengenai model-model alat berat dan biaya sewanya per hari. Untuk tabel ketersediaan alat berat berisi status ketersediaan dari masing-masing alat berat. Selanjutnya untuk tabel pemesanan alat berat berisi mengenai informasi tanggal pemesanan, alat berat yang dipesan, dan perusahaan yang memesan alat tersebut. Untuk tabel detail transaksi berisi mengenai informasi tentang total pembayaran yang harus dibayarkan oleh pihak penyewa, metode pembayaran, jumlah transaksi, dan sebagainya. Terakhir, untuk tabel pengembalian alat berat berisi tentang tanggal pengembalian dari alat berat yang disewa.



7 comments:

  1. wah sungguh bermanfaat postingan anda, keep posting!

    ReplyDelete
  2. Wah databasenya sangat lengkap, Andre. Sepertinya Anda bisa mengaplikasikannya dalam perusahaan alat berat yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  3. Bagus dilengkapi dengan screenshot.

    ReplyDelete
  4. terima kasih mas,,, sangat membantu saya buat tugas ,,,,, sipppp

    ReplyDelete
  5. Alangkah baiknya di jabarin secara keseluruh dari tabel" tersebut, saya liat dan baca masih ada yang kurang

    ReplyDelete